Biopori

Assalamu'alaykum sobat. ketemu lagi nih sama kami. kali ini kita mau bagi-bagi ilmu dari apa yang udah dipelajarin di sekolah. seperti materi sebelumnya yaitu PLH kali ini masih pelajaran yang sama, tapi... materinya adalah "Biopori" penasaran kan? yuk ikutin kami ^_^

Biopori

Senin, 11Mei 2015

SMA NEGERI 8 DEPOK

Sebelumnya nih kita perkenalan dulu ya. dari awal kita belom kenalin ada siapa aja di kelompok kita.ini dia fotonyaa

nah, kita kenalin satu-satu dari kanan ya
1. Oktafiani Pitaloka
2. Muhamad Hatami
3. Rasul Alam V
4. Ivana Azarine

nah itu dia orang-orang pejuang bumi ^_^

Lanjut..

Sebelumnya udah pada tau belom Biopori itu apa?
Biopori itu adalah metode resapan air yang bertujuan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah. nah metode ini berguna banget buat menanggulangi masalah banjir sob. penemu Biopori sendiri yaitu Kamir Raziudin Brata dari IPB. tuh sob. hebat banget ya mahasiswa Indonesia ^_^

Alat-Alat

nah sob. selanjutnya kita bakal ngasih tau alat-alat apa aja yang di perluin untuk buat biopori

 1. Paralon ukuran 1 meter di bagi dua jadi masing-masing 50cm. untuk tutupnya jangan di buang ya, karna itu nanti buat tutup bagian atasnya.

2.Patok, kalo di tugas kami, ini buat nandain punya kelompok berapanya. (gapake juga gapapa)
 3. Karton. itu buat namain kelompoknya masing masing (ga pake juga gapapa)
 4. Bor. ini nanti buat ngebolongin paralonnya.
5. paku dan palu. ini buat makuin nama kelompok ke patoknya

                                    

Lanjut..

Cara Membuat

1. Alat2 sudah siap

2. Paralon yang sudah siap bisa langsung di bor menggunakan alat bor. bornya bebas aja. bolongan pada paralon ini berguna untuk penyerapan pada tanah melalui bolongan tersebut. tutupnya juga di bor ya sebagai masuknya air.
3. Setelah selesai di bor. sebenernya langkahnya tinggal lanjut ke TKP. tapi di praktek kita ini kita menggunakan patok dan karton untuk menandai kepemilikan biopori masing2 kelompok. jadi lanjut saja ke lapangan ya sob.

4. ada alat tambahan yaitu alat pengebor tanah manual. ini berguna untuk membolongi tanah yang akan di masukan oleh paralon yang telah kita siapkan. untuk mempermudah basahkan tanah terlebih dahulu.



5. setelah tanah sudah bolong dan sesuai ukuran paralon (sisahkan sedikit atau agak menonjol tutupnya di permukaan) bisa masukan paralon ke dalam lubang.


6. Setelah itu masukan sampah organik. kalau saya memasukan daun-daun dan ranting


7. Jika sudah. tutup paralon dengan tutup paralon yang sudah di lubangi. dan agak di tekan kebawah supaya agak padat. lalu jika lubang di samping masih ada cela.bisa di tutup menggunakan tanah.

Selesaiiii ^_^

Ini bisa di buat di lingkungan sekitar kalian untuk mencegah terjadinya banjir, bisa di halaman rumah, lahan kosong atau lahan rawan banjir yang tidak ada resapan airnya. ini sangat cocok bagi lingkungan perumahan yang jarang ada pohonnya ^_^

Selain itu pada saat pembuatan Biopori juga sangat mengandalkan gotong royong. kalo di buat sendiri capek banget sob. tapi kalo di buat bareng-bareng rasanya tuh kaya ga kerasa apa-apa hahah. pokoknya ini gampang deh, bisa di praktekin di lingkungan kalian.


Sebenernya, kalo kalian buat ini doang itu belom cukup buat nanggulangin banjir. percuma kalo kalian masih buang sampah sembarangan. yuk kita jaga bumi kita dari hal kecil yaitu membuang sampah pada tempatnya.^_^

"Jika kalian ingin di hargai, maka menghargailah terlebih dahulu"
"Love your Earth and Earth Will Love You"

Sekian, mohon maaf jika ada kekurangan dan salah-salah kata.

Wassalamu'alaykum ^_^ See You Again...

Related Posts:

0 Response to "Biopori"

Posting Komentar